Friday, December 20, 2013

Defenisi Pantai dan Batasnya

Defenisi Pantai - Pernahkah kita ke pantai? pertanyaan ini menjadi refleksi untuk membahas tetang defenisi pantai. Hampir setiap orang pernah ke pantai atau paling tidak pernah mendengar kata pantai, kita tidak mengetahui dengan jelas yang dimaksud dengan pantai. Berikut in kita akan bahas tentang pantai dan batasnya.

Ekosistem pantai terletak antara garis air surut terendah dan air pasang tertinggi. Ekosistem ini berkisar dari daerah dimana ditemukan substrat berbatu dan berkerikil (yang mendukung sejumlah terbatas flora dan fauna sesil) sampai daerah berpasir aktif (dimana ditemukan populasi bakteri, protozoa, metazoa), dan daerah bersubstrat liat dan lumpur (dimana ditemukan sejumlah besar komunitas infauna). 

Daerah peralihan antara daratan dan lautan sering ditandai dengan adanya suatu perubahan kedalaman yang berangsur-angsur. Batas-batas pantai dapat dibedakan menjadi tiga daerah, yaitu : 

  • Continental Shelf 

Continental Shelf adalah suatu daerah yang mempunyai lerang yang landai (kemiringannya kira-kira 0,4%) dan berbatasan langsung dengan daratan. 
  • Continental Slope 

Continental Slope merupakan daerah yang mempunyai lerang yang lebih terjal dari continental shelf dimana kemiringannya bervariasi antara 3% dan 6%. 
  • Continental Rise 

Daerah ini merupakan daerah yang mempunyai lereng yang kemudian perlahan-lahan menjadi datar pada dasar lautan.

Demikian tulisan tentang Defenisi Pantai dan Batasnya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan tulisan menarik lainnya SEPUTAR DUNIA LAUT hanya di http://seputar-dunialaut.blogspot.com/



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 12:19 AM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment