Monday, December 16, 2013

Terumbu Karang dan Faktor Pembatas Pertumbuhan Karang Keras

Faktor Pembatas Pertumbuhan Karang Keras - Ekosistem terumbu karang merupakan ekosistem yang dinamis, mengalami perubahan terus menerus dan tidak tahan terhadap gangguan-gangguan alam yang berasal dari luar terumbu. Kali ini kita akan membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan faktor yang membatasi pertumbuhan karang. Beberapa faktor yang membatasi pertumbuhan terumbu karang (Nybakken, 1988), adalah : 
  1.  Cahaya; diperlukan untuk melakukan fotosintesis algae simbiotik dalam jaringan karang batu. 
  2. Suhu; pertumbuhan karang yang optimum terjadi pada perairan yang rata-rata suhu tahunannya berkisar 23-25 derajat Celcius. Akan tetapi karang juga dapat mentolerir suhu pada kisaran 20 derajat Celcius, sampai dengan 36-40 derajat Celcius, Sukarno dkk., (1983) mengatakan bahwa suhu yang paling baik untuk pertumbuhan karang berkisar antara 25-28 derajat Celcius
  3. Kedalaman; pertumbuhan terumbu karang juga dibatasi oleh kedalaman dimana terumbu di daerah Indo-Pasifik kebanyakan tumbuh pada kedalaman 25 meter atau kurang (Levinton, 1982), dan pada daerah Karibia terumbu hermatipik berkembang dengan baik pada kedalaman di bawah 70 meter. 
  4. Salinitas perairan; karang dapat hidup pada kisaran salinitas 32-35 per mille. Toleransi karang batu terhadap salinitas cukup tinggi yang dapat berkisar antara 27-400 per mille. 
  5. Kekeruhan dan sedimentasi; kekeruhan dan sedimentasi yang tinggi dapat menghambat pertumbuhan karang. Respon bentuk pertumbuhan karang terhadap tingkat kekeruhan berbeda-beda, sebagaimana pernyataan yang dikemukakan Done (1982), yang menyatakan pada terumbu yang keruh sering didominasi oleh bentuk pertumbuhan massif, yang mana untuk perairan jernih dicirikan oleh bentuk pertumbuhan bercabang, yang umumnya dari Famili Acroporiidae. Selanjutnya dikatakan peningkatan tingkat sedimentasi dapat menurunkan tingkat ketahanan pada Acropora millepora, yang akan berimplikasi terhadap tingkat rekrutmen pada populasi karang (Babcock and Smith, 2000). 
  6. Pergerakan air (arus) diperlukan untuk tersedianya aliran yang membawa masukan makanan dan oksigen serta menghindarkan karang dari pengaruh sedimentasi.

Demikian tulisan tentang Faktor Pembatas Pertumbuhan Karang Keras, semoga bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan tulisan menarik lainnya tentang SEPUTAR DUNIA LAUT hanya di http://seputar-dunialaut.blogspot.com/



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 2:44 AM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment