Tuesday, December 17, 2013

Pengertian Plankton dan Peranan Plankton


Plankton 
Plankton adalah organisme yang berukuran kecil (mikroskopik) yang jumlahnya sangat banyak yang bersifat pasif artinya gerakannya sangat dipengaruhi oleh gerakan air laut yang bebas dan melayang dan hanyut dalam laut.

Istilah plankton pertama kali diperkenalkan oleh Victor Hensen pada tahun 1887, yang berarti pengembar. Plankton merupakan sekelompok biota di dalam ekosistem akuatik (baik tumbuhan maupun hewan) yang hidup mengapung secara pasif, sehingga sangat dipengaruhi oleh arus yang lemah sekalipun (Arinardi, 1997). 

Klasifikasi dalam biologi membedakan plankton dalam dua kategori utama yaitu fitoplankton yang meliputi semua hubungan renik dan zooplankton yang meliputi hewan yang umumnya renik (Rutter, 1973). 

Fitoplankton adalah mikroorganisme yang hidup melayang-layang di dalam perairan, relatif tidak mempunyai daya gerak (walaupun ada, tetapi sangat lemah) sehingga keberadaanya sangat dipengaruhi oleh gerakan air seperti arus dan lainnya serat maupun berfotosintesis. 

Organisme plankton biasanya ditangkap dengan menggunakan jaring-jaring yang mempunyai ukuran jaringan yang berbeda, maka penggolongan plankton dapat pula dilakukan berdasarkan ukuran plankton. Yang biasa tertangkap oleh jaringan plankton baku adalah megaplankton; organisme planktonik yang bersarnya lebih dari 2 milimeter, makroplankton yang berukuran 0,2-2,0 milimeter, dan mikroplankton yang berukuran antara 20 mikronmeter–0,2 milimeter. Yang tidak dapat tertangkap dengan jaringan plankton baku yaitu nanoplankton yaitu organisme planktonik yang berukuran antara 2 mikronmeter – 200 mikronmeter dan ultraplankton yang berukuran kurang dari 2 mikronmeter (Nybakken, 1988). 

Peranan Fitoplankton 
Salah satu faktor yang merupakan dasar untuk menentukan kesuburan perairan adalah keadaan fitoplankton karena organisme tersebut sangat berpengaruh langsung maupun tidak langsung bagi ikan serta organisme lainnya, sehingga menghasilkan oksigen dan juga menentukan zat organik dari bahan anorganik melalui proses fotosintesis. 

Fitoplankton sebagai tumbuhan yang mengandung pigmen klorofil mampu melaksanakan reaksi fotosintesis di mana air dan karbondioksida dengan adanya sinar matahari dan garam-garam hara dapat mengahsilkan senyawa organik. Karena kemapuannya membentuk zat organik dari zat anorganik maka fitoplankton disebut sebagai produser primer, merupakan pangkal rantai makanan dan merupakan fundamen yang mendukung kehidupan seluruh biota laut lainnya. Dengan demikian perairan yan mempunyai produktivitas primer fitoplanktonnya tinggi akan mempunyai potensi sumberdaya hayati yang besar pula. 

Fitoplankton merupakan makanan alami bagi berbagai jenis ikan dan udang yang menempati tingkat produser pertama dalam aliran energi (Odum, 1971). Fitoplankton sebagai produser primer diperairan merupakan salah satu kehidupan bagi seluruh organisme hewani. Disamping itu juga fitoplankton sebagai penghasil oksigen terlarut dalam perairan. Beberapa fungsi da
n peranan fitoplankton, yaitu 1) sebagai produser oksigen dalam air, 2) merupakan makanan alami zooplankton, beberapa jenis ikan dan udang masih kecil/muda, 3) fitoplankton yang mati akan tenggelam di dasar dalam keadaan anaerob akan diuraikan menjadi bahan organik, serta 4) membantu menyerap senyawa yang berbahaya bagi organisme dasar.

Banyak sedikitnya plankton yang terdapat di suatu perairan yang berpengaruh terhadap populasi ikan dan biota lainnya yang terdapat di perairan itu. Jelas tidaknya suatu perairan dapat dilihat dari banyak sedikitnya fitoplankton yang terdapat di perairan tersebut. 

Kelimpahan plakton di suatu perairan dapat memberikan informasi tentang produktivitas perairan, dalam hal ini merupakan suatu ukuran kemampuan perairan dalam menopang atau mendukung kehidupan organisme atau ikan-ikan yang hidup di perairan tersebut.


Demikian tulisan tentang Pengertian Plankton dan Peranan Plankton semoga bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan tulisan menarik lainnya tentang SEPUTAR DUNIA LAUT hanya di jandakemban.blogspot.com



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 3:43 AM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment